RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IV / I
Tema : Peristiwa
Alokasi Waktu : 4
x 35 menit
A.
Standar Kompetensi
1. Mendengarkan: Mendengarkan penjelasan tentang simbol daerah/lambang
korps.
B.
Kompetensi Dasar
1.2. Menjelaskan kembali secara lisan atau tertulis penjelasan tentang
simbol daerah/lambang korps.
C.
Tujuan Pembelajaran** :
§ Siswa dapat
Mendengarkan penjelasan tentang lambang Pramuka.
§ Siswa dapat Mencatat
pokok-pokok penjelasan tentang lambang Pramuka.
§ Siswa dapat
Menuliskan penjelasan tentang lambang Pramuka secara terperinci
§ Siswa dapat
Menjelaskan secara lisan arti lambang Pramuka
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ), Tanggung jawab (
responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
D.
Materi
§ Lambang
E.
Kegiatan Pembelajaran
§ Mendengarkan
penjelasan tentang lambang Pramuka.
§ Mencatat pokok-pokok
penjelasan.
§ Menuliskan penjelasan
tentang lambang secara terperinci.
§ Menjelaskan kembali
secara lisan tentang arti lambang.
F.
Langkah-langkah
Pembelajaran:
§ Kegiatan Awal
Apersepsi dan Motivasi :
-
Siswa diajak memperhatikan lambang Pramuka (Tunas
Kelapa) yang dipajang di depan kelas.
§ Kegiatan Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa mendengarkan
penjelasan guru tentang lambang Pramuka.
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Sambil mendengarkan, siswa
mencatat hal-hal penting penjelasan guru tentang arti lambang Pramuka.
F
Selanjutnya siswa diminta
menjelaskan kembali secara tertulis tentang lambang Pramuka sebagaimana
penjelasan guru.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Siswa diminta menjelaskan
kembali tentang lambang Pramuka secara lisan di depan teman-temannya.
G.
Penilaian
Indikator
Pencapaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
·
Menjelaskan
secara lisan arti lambang
|
Tertulis, penampilan
|
Uraian dan Lembar observasi
|
·
Tuliskan
penjelasan tentang lambang Pramuka secara terperinci !
· Jelaskan secara lisan arti lambang Pramuka !
|
No.
|
Unsur
Penilaian
|
Nilai
|
Keterangan
|
1.
2.
3.
4.
|
Ketelitian siswa membuat konsep penjelasan.
Keberanian siswa menjelaskan arti lambang Pramuka
Gaya penyampaian di depan kelas
Kejelasan makna lambang Pramuka yang disampaikannya
|
|
|
H.
Sumber / Bahan
§ Buku Bina Bahasa
Indonesia 4A hal. 18.
§ Lambang Pramuka/Tunas
Kelapa
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi
)
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Indonesia.
.................................. ..................................
NIP :
NIP :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar