Senin, 06 Februari 2012

RPP kelas 4


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                       :           ..................................
Mata Pelajaran          :           Bahasa Indonesia
Kelas / Semester        :           IV / I
Tema                          :           Peristiwa
Alokasi Waktu           :           4 x 35 menit 

A.    Standar Kompetensi
1. Mendengarkan: Mendengarkan penjelasan tentang simbol daerah/lambang korps.

B.     Kompetensi Dasar
1.2. Menjelaskan kembali secara lisan atau tertulis penjelasan tentang simbol daerah/lambang korps.

C.    Tujuan Pembelajaran** :
§  Siswa dapat Mendengarkan penjelasan tentang lambang Pramuka.
§  Siswa dapat Mencatat pokok-pokok penjelasan tentang lambang Pramuka.
§  Siswa dapat Menuliskan penjelasan tentang lambang Pramuka secara terperinci
§  Siswa dapat Menjelaskan secara lisan arti lambang Pramuka

v Karakter siswa yang diharapkan :   Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

D.    Materi
§  Lambang

E.     Kegiatan Pembelajaran
§  Mendengarkan penjelasan tentang lambang Pramuka.
§  Mencatat pokok-pokok penjelasan.
§  Menuliskan penjelasan tentang lambang secara terperinci.
§  Menjelaskan kembali secara lisan tentang arti lambang.

F.     Langkah-langkah Pembelajaran:
§  Kegiatan Awal
Apersepsi  dan Motivasi :
-       Siswa diajak memperhatikan lambang Pramuka (Tunas Kelapa) yang dipajang di depan kelas.
§  Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang lambang Pramuka.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Sambil mendengarkan, siswa mencatat hal-hal penting penjelasan guru tentang arti lambang Pramuka.
F Selanjutnya siswa diminta menjelaskan kembali secara tertulis tentang lambang Pramuka sebagaimana penjelasan guru.
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta menjelaskan kembali tentang lambang Pramuka secara lisan di depan teman-temannya.

G.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Menjelaskan secara lisan arti lambang
Tertulis, penampilan
Uraian dan Lembar observasi
·  Tuliskan penjelasan tentang lambang Pramuka secara terperinci !
·  Jelaskan secara lisan arti lambang Pramuka !

No.
Unsur Penilaian
Nilai
Keterangan
1.

2.

3.

4.
Ketelitian siswa membuat konsep penjelasan.
Keberanian siswa menjelaskan arti lambang Pramuka
Gaya penyampaian di depan kelas
Kejelasan makna lambang Pramuka yang disampaikannya


H.    Sumber / Bahan
§  Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 18.
§  Lambang Pramuka/Tunas Kelapa

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel Bahasa Indonesia.



          ..................................                                            ..................................
   NIP :                                                                   NIP :

Tidak ada komentar: